Membatasi akses ke media library pada wordpress per author

0
66

Secara default, wordpress tidak membatasi akses ke media library artinya gambar yang di upload oleh author akan terlihat oleh administrator, editor atau author lainnya.

Katakanlah kamu ingin membuat post, author dan guest author dapat melihat gambar yang di upload ke artikel tersebut di media library. Untuk sebagian website mungkin bukan masalah besar, namun jika kamu ingin menerapkan multi-author kamu bisa merubah nya. Ada 2 metode yang sangat mudah diterapkan  untuk membatasi akses ke media library.

1. Menggunakan plugin

Metode ini sangat mudah dan rekomendasikan. Hal pertama yang kamu butuh kan hanya perlu mengaktifkan plugin Restrict Media Library Access

Plugin ini bekerja out of the box tidak ada settingan pada configurasi kamu. Cara kerjanya, plugin mem-filter media library query, mengecek apakah current user(user yang login saat ini) adalah administrator atau editor, Jika bukan maka media yang di tampilkan berdasarkan user upload. artinya Aministrator dan editor bisa melihat semua library.

1. Menggunakan cara manual

Tambah kode di bawah ini pada file function.php wordpress kamu

// Limit media library access
  
add_filter( 'ajax_query_attachments_args', 'wpb_show_current_user_attachments' );
 
function wpb_show_current_user_attachments( $query ) {
    $user_id = get_current_user_id();
    if ( $user_id && !current_user_can('activate_plugins') && !current_user_can('edit_others_posts
') ) {
        $query['author'] = $user_id;
    }
    return $query;
}

Mudah-mudah artikel ini bisa membantu. Maaf penjelasa  artikel nya sangat singkat soal nya batteray hape mulai low, jika masih ada yang tidak di mengerti bisa langsung di tanyakan ke saya melalui email berikut

faiz.fadly@gmail.com