5 hal yang perlu kamu ketahui tentang Kotlin, bahasa pemrograman baru Android

0
71

Apa itu Kotlin dan mengapa kamu harus peduli tentang kotlin?

Pada Google I/O 2017, Google mengumumkan bahwa mereka kini memberikan dukungan penuh untuk bahasa pemrograman Kotlin di Android Studio untuk pengembangan aplikasi Android. Belum banyak developer sebetulnya yang mengerti tentang bahasa pemrograman satu ini.

Mari kita lihat 5 hal yang perlu kamu ketahui tentang Kotlin jika kamu bukan pengembang Android.

1. Apa itu kotlin

Kotlin adalah bahasa pemrograman yang merupakan “penyempurnaan” dari bahasa pemrograman Java untuk pengembangan aplikasi Android.

Kotlin awalnya dikembangkan oleh JetBrains, perusahaan dibalik IntelliJ IDEA. Setelah melalui banyak perkembangan, JetBrains merilis Kotlin secara open source dan kini setelah perkembangannya semakin maju, Google mendukung penuh Kotlin untuk pengembangan aplikasi Android.

Developer tidak perlu khawatir proyek Android-nya yang menggunakan Java akan menjadi tidak bisa digunakan ketik ketika menggunakan Kotlin karena Java dan Kotlin bisa digunakan berbarengan. Dan karena Kotlin mirip dengan Java, developer akan dapat dengan mudah bahasa pemrograman Kotlin.

 

2. Mengapa Developer senang dengan dukungan Kotlin

kotlin didukung penuh Oleh JetBrain IntelliJ IDE, JetBrain menyediakan Converter dari java ke kotlin, simple namun powerfull.

Kode yang di tulis dengan kotlin lebih sederhana daripada java, bahkan library dan Class nya lebih budah di baca (human-redable).

 

3. Akankah aplikasi menjadi lebih baik atau terlihat berbeda?

Nope!

bisa lebih baik atau bahkan terlihat lebih baik karena developer memiliki lebih banyak waktu untuk bekerja di UI, tapi secara fungsional Kotlin dan Java kompatibel dan akan terlihat sama.

Anda tidak akan tahu dimana letak yang berbeda.

4. Apakah Java dihapus?

Nggak!

Java dibuat lebih kuat dan lebih baik dengan versi Android dan Android Studio terbaru.

Seperti disebutkan di atas, Kotlin dan Java terkait erat, menambahkan dukungan untuk Kotlin membuat Java menjadi lebih baik. apakah suatu hari Java akan dilupakan? mungkin iya, tapi java gak mungkin di hapus gara-gara kotlin.

5. Dimana saya bisa belajar lebih banyak tentang Kotlin atau mulai menggunakannya?

Kunjungi situs Kotlin JetBrains

Anda bisa menggunakan Android Studio, Eclipse, IntelliJ IDEA atau standalone Compiler untuk membangun Apps Kotlin untuk Android atau web browser.

belajar kotlin tidak sulit bahkan menyenangkan karna banyak tutorial yang bertebaran di internet bahkan dokumentasi yang lengkap.