Berkah Pergerakan

0
43

Sekitar 40 hari lalu, admin santrinulis (sn) bingung. Program kmi sudah hampir closing. Panitia sudah janji acara closing di taman ismail marzuki. Closing yang lumayan wah buat komunitas menulis sekelas sn. Tujuannya biar happy ending yang longlasting.
Peserta yang sudah berjuang membereskan naskah. Kita beri panggung untuk launching buku. Konsepnya sederhana. Siapkan buku yang mau dilaunching, siapkan peserta untuk bicara ttg buku tersebut dan siapkan audience.
Sederhana.
Tapi masih bingung.
Mana happy ending yg longlasting?
Dalam kebingungan selalu ada pencerahan. Terbit ide dari Sulistya Nisa Utami bikin acara Santri Writer Summit.
Saya kerutkan dahi.
Summit itu apa sich?
Kata yang satu ini belum familiar di kepala saya. Akhirnya di terangkan lah. Ohhh ternyata summit itu puncak. Begitu sederhanannya.
Berarti santri writer summit itu, puncak pertemuan santri penulis.
Seluruh indonesia dong?
Iya betul.
Saya yang sudah bingung tambah dibuat bingung. Untuk ngadakan launching buku peserta kmi saja masih ngawang, apalagi ini. Pertemuan santri penulis seluruh indonesia.
Sebagai kakak yang baik, bagi adik2 di sn, saya iyakan.
Ok, kita buat santri writer summit. Di dalamnya ada launching buku peserta kmi.
Muhammad Arwani nampak girang.
Singkat cerita, dibuatlah proposal dengan bantuan dua orang fresh graduate yg punya semangat membara ahmad hilda dan siti nursehah. Jadilah 4 sekawan.
Saya baca proposal.
Innalilahi wainna ilahi rajiun
Sesungguhnya segala sesuatu milik Allah. Anggaran adalah rencana manusia dan pencairan mutlak milik Allah. Karena Allah yang memiliki segala. Dia Maha Kaya dan Maha Pemberi.
Panitia mulai rancang cara mencari dana. Proposal yang bagus itu dicopy dan disebarkan. Saking bagusnya proposal, biaya cetak satuannya mengalahkan harga buku DARE. (Yang sudah beli dan baca buku DARE langsung bisa tebak. Yang belum, sepertinya harus beli dulu, he…)
Pembicara yang diundang tokoh nasional. Penulis best seller Ayat-Ayat Cinta, penulis Negri Lima Menara, Nazwa syihab, wagub jabar, walikota depok dan menteri agama. Ajiiib.
Setiap pagi, siang dan petang, panitia memikirkan sumber dana. Sebuah episode klasik dalam drama setiap kegiatan yang diadakan komunitas sosial. 4 sekawan, (sulis, arwani, hilda n esa) pantang menyerah. Generasi millenial kita ini begiu tangguh memegang prinsip. Bila layar sudah terkembang, pantang kapal kembali ke pantai.
Satu demi satu prospek didatangi. Beberapa hasilnya, doa dan support spirit. Alhamdulillah setidaknya, perjalanan yang panjang ini masih dikarunia bekal. Tapi doa dan spirit saja tidak cukup. Sws butuh dana besar. Lebih 100jt. Modal doa dikonversi menjadi usaha, 4 sekawan terus berjuang. Allah pun menggerakkan langkah mereka ke kementrian agama.
Pak direktur pend diniyah dan pontren tertarik dengan proposal.
‘Ini acara bagus, kami siap support dana’
Alhamdulillah.
Berkah Berkah Berkah
Dan acara santri writer summit pun terselenggara dengan sangat baik. 357 essay dari santri di indonesia diterima panitia. Antusias santri mengikuti acara yang baru pertama diadakan di indonesia ini amat besar. Dari aceh sampai lombok dan kalimanan selatan berdatangan. Tidak ketinggalan santri jawa barat, tengah dan timur. Dan twntu saja jakarta dan depok sebagai tuan rumah. Gedung pusat bahasa jepang di ui depok pun penuh santri. Mereka tergerak mengikuti semangat panitia. Langkah kaki para peserta dari berbagai daerah, seolah menjawab langkah kaki panitia selama proses persiapan acara.
4 orang panitia bukan pengangguran. Mereka pekerja yang punya waktu tugas dari pagi sampai petang. Selesai ngantor, jam 20.00 sampai lewat tengah malam mereka sibuk mempersiapkan acara. Begitu terus selama hampir 1 bulan. Lelah sudah tidak dikenal. Kantuk sudah diabaikan. Demi closing kmi yang happy ending dan long lasting.
Saya dan admin santrinulis yang lain tidak mau kalah juang. Afni Alhaitamy dalam keadaan hamil besar rela membaca dan mengedit naskah peserta kmi. Faiz Fadly siaga menjaga web www.santrinulis.com untuk mengakomodir keperluan santri writer summit. Segala permintaan panitia dituruti. Pendaftaran online serta submit essay dibuat mudah berkat tangan dingin calon bapak ini. Semangat itu pun menular kepada Abdul Rosyid, gm santrinulis ini berjuang membuat layout dan cober buku. Poster untuk pra launching pun disiapkan. Bunda nada Nuril Izzah pun ikut sibuk. Logistik panitia menjadi ranah khususnya. Entah sudah berapa ratus jam, kami habiskan untuk santri writer summit. Entah berapa liter peluh tumpah. Ditambah drama dan air mata.
Harakah Harakah Harakah
Kami bergerak, terus bergerak dan terus bergerak.
Alhamdulillah Harakah pun diganjar Barakah.
Terima kasih tak terhingga saya ucapakan kepada panitia sws.
Terima kasih tak terhingga saya ucapakan kepada admin santri nulis.
We’are good team. We are good family
Terima kasih kepada volunter
Terima kasih kepada media patner
Terima kasih kepada peserta
Dan terima kasih kepada direktorat pendidikan diniyah dan pontren kemenag.
Semoga sws menjadi satu titik, tempat santri indonesia memulai garis kesuksesan serta keberkahan.
Santri berkarya
Indonesia berjaya

Summary
Berkah Pergerakan
Article Name
Berkah Pergerakan
Description
Sekitar 40 hari lalu, admin santrinulis (sn) bingung. Program kmi sudah hampir closing. Panitia sudah janji acara closing di taman ismail marzuki. Closing yang lumayan wah buat komunitas menulis sekelas sn. Tujuannya biar happy ending yang longlasting.
Author
Publisher Name
Santrinulis
Publisher Logo