4 Godaan Hidup Paling Mendasar Yang Mengganggu Fokusmu

0
19

Ada yang suka digoda? Atau kamu justru sukanya menggoda? Hehe.. Yang jelas biasanya godaan-godaan yang datang dapat mengganggu dan mengurangi fokus kamu. Hmm.. tapi ini bukan mau membahas tentang air mineral yang membantu fokus ya. Kita akan membahas empat macam godaan hidup paling mendasar yang bisa sangat mengganggu fokus dan konsentrasi kamu dalam beraktifitas. Hayoo kamu termasuk paling sering digoda sama yang mana?

1. Malas

Godaan ini paling lazim dialami seseorang dimanapun terutama manusia-manusia di masa kini. Terlebih lagi dengan terciptanya teknologi canggih yang semakin memudahkan pekerjaan manusia di segala aspek. Teknologi yang semakin canggih ini berdampak pada orang-orang untuk memiliki lebih banyak waktu luang. Waktu luang yang tidak digunakan untuk kegiatan produktif lain inilah yang memungkinkan seseorang menyempatkan diri untuk bermalas-malasan. Misalnya saja untuk makan, kini seseorang tak perlu lagi repot-repot membeli bahan makanan dan kemudian memasaknya. Hanya dengan mengusap-ngusap gadget layar sentuhnya seseorang dapat langsung memesan makanan melalui layanan delivery atau layanan ojek go-food dan menggunakan waktu menunggu makanannya sambil bermain games, tidur atau sekedar chatting dan stalking di media sosial.

Selain itu, malas juga lebih sering dipengaruhi faktor lain seperti mood, lingkungan, kurangnya motivasi diri atau memang bawaan sejak lahir, hehe (100x). Namun pada intinya, malas adalah musuh terbesar yang bukan hanya mengganggu fokusmu, tetapi juga bisa menghambat kesuksesan karena kamu menjadi kurang produktif, bahkan merusak kesehatan baik fisik atau mental. So, jangan bangga jadi Ager alias Anak Mager! 🙂

 

2. Lapar

Godaan yang satu ini umumnya menyerang di saat jam-jam makan siang atau di sore hari yang dingin. Rasa lapar bisa sangat mengurangi fokus seseorang dalam beraktifitas bahkan hingga membuat mood seseorang menjadi tidak terkendali seperti mudah marah, cerewet atau juga tidak mempedulikan hal sekitarnya. Bagi orang yang memiliki penyakit maag, rasa lapar bukan bisa hanya menggoda tapi juga bisa sangat menyiksa. Karena itu kita sebaiknya makan saat lapar dan tidak menahan-nahan lapar jika tidak mau terkena maag, kecuali jika memang sedang berpuasa, 🙂

Namun kita juga sebaiknya mengendalikan nafsu makan agar tidak terlalu kenyang atau makan setiap saat. Karena hal ini justru akan berakibat buruk bagi kesehatan. Nah, kalau kamu sering merasa lapar dan juga sering makan, hati-hati lho! Karena bisa jadi itu gejala menuju obesitas, atau jangan-jangan kamu cacingan, hehe (100x).

 

3. Mengantuk

Mengantuk adalah godaan lazim dan wajar bila diikuti dengan istirahat atau tidur seperti yang biasa manusia lakukan di malam hari. Tetapi mengantuk yang bukan pada saatnya, bisa menjadi godaan yang sangat mengganggu fokus dalam aktifitas seseorang karena rasa mengantuk berhubungan langsung dengan kesadaran. Orang yang sedang mengantuk bisa menjadi sangat tidak peduli dan tidak waspada dengan hal di sekitarnya dan kemudian baru menyesal ketika bangun dan tersadar. Hal ini dapat membahayakan diri bila terjadi misalnya ketika sedang mengendarai kendaraan, atau di angkutan umum yang membuat kamu bisa saja kecopetan atau kelewat jalan, atau bisa juga merugikan bila terjadi di ruang rapat atau ruang kelas karena tidak fokus memperhatikan sehingga banyak diskusi dan penjelasan yang terlewatkan.

Rasa mengantuk juga bisa berujung dengan kemalasan, kurangnya ide-ide segar dan juga hari-hari yang tidak produktif. Kalau kamu sering mendapat godaan ini, segera atasi dengan rutin berolah raga dan minum air putih karena sering mengantuk juga bisa jadi gejala menuju diabetes, hiiiy..!!

 

4. Jatuh cinta

Godaan yang terakhir ini memang paling memprihatinkan karena bisa berdampak pada tiap aspek kehidupan seseorang. Jatuh cinta adalah godaan alamiah yang sudah ada sejak manusia pertama diciptakan bahkan dibilang sudah menjadi fitrah bagi setiap insan (ciyeee). Paling tidak setiap manusia memiliki satu cerita bagaimana dia bisa jatuh cinta, godaan yang bukan hanya membuatnya tidak peduli pada hal-hal sekitar tetapi juga bisa membuatnya tidak peduli pada dirinya sendiri. Begitu dahsyatnya godaan jatuh cinta bahkan mampu mengubah haluan hidup seseorang menjadi demikian bahagia atau juga sangat sengsara.

Jatuh cinta suatu saat bisa menggumpulkan semangat dan keberanian dalam menghadapi apapun sebagaimana cinta Hawa kepada Adam, cinta Khadijah kepada Muhammad, atau cinta Habibie kepada Ainun. Namun juga suatu ketika jatuh cinta bisa membuat hidup seseorang menjadi demikian menyedihkan bahkan gila sebagaimana cintanya Qais kepada Laila, cinta Zulaikha kepada Yusuf, atau cinta Zainuddin kepada Hayati.

 

Note:

*Mager = Males Gerak