tidur bukan pada waktunya

0
117

Saat proses belajar mengajar sedang berlangsung, yang tentunya di perlukan pemahaman yang khusus dan konsentrasi penuh, akan tetapi saat yang penting seperti ini malah siswa sempat mengantuk dan bahkan tertidur. Yang menjadi pertanyaannya adalah, lakh kok bisa ya?

Tidur di dalam kelas saat jam pelajaran sedang berlangsung bukanlah suatu kata yang langka lagi, melainkan sudah mewabah, mengakar, dan mengadat istiadat di negri ini, bukan masalah untuk membicarakan aib sendiri melainkan diselidiki lagi dan di carikan solusi. Mengingat kasus siswa yang tidur di kelas bukan hanya munfaridan atau sendiri melainkan secara ijtima’i alias berjamaah. Mengantuk berarti tanda bahwa tubuh memerlukan istirahat karena lelah setelah melakukan aktifitas. Maka dari itu Rasulullah menganjurkan umatnya untuk melakukan Qolilullah atau istirahat siang. Agar kesehatan tubuh berfungsi secara optimal dan otak berkualitas, akan tetapi jika sering mengantuk di kelas dan bahkan tertidur tentunya ada yang salah dengan sistem kerja tubuh.

Puasa, yang sering di jadikan alasan sebab mengantuk dikelas, terlebih lagi pada hari senin-kamis,  padahal puasa itu menyaehatkan, dan tentunya sesuatu yang menyehatkan akan bersifat semangat, lantas kenapa banyak siswa yang berpuasa malah loyo dan lemas dalam beraktifitas, malas melakukan banyak hal,  Pada dasarny puasa juga dapat merendam hawa nafsu lainnya. Maka dapat di pastikan ada yang salah dengan shaum, entah  dari tujuan atau tekhnis pelaksanaanya. Dan shaum juga dapat meningkatkan produktifitas otak karena tidak di sibukan dengan urusan perut.

Tidur larut malam, atau yang sering di sebut dengan begadang. Ini adalah alasan yang nyata dan kuat, biasanya seseorang yang begadang pada malam hari, maka pagi hari akan mengantuk karena mata lelah dan membutuhkan istirahat, perlu digaris bawahi bahwa siswa yang setiap harinya yang tidur di kelas dengan mengatas namakan begadang sebagai alasan utamanya karena hal ini tentu tidak baik bagi kesehatan, apa lagi jika terus menerus.  jika malam hari hanya di gunakan untuk hal-hal yang tidak penting, seperti SMS-an, bermain facebook, PS atau ngobrol tidak jelas. Syayidah RA meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersegera untuk meninggalkan obrolan malam dan bersegera untuk tidur , untuk mempersiapkan solat tahajud. Rasullullah seseorang yang disiplin waktu, cepat tidur dan cepat bangun. Makan terlalu kenyang juga menjadi penyebab kantuk. Karena banyaknya asupan kabohidrat pada pagi hari sehingga dapat merangsang rasa kantuk pada saat melaksanakan aktifitas.

 Rasa kantuk yang  dialami siswa di kelas merupakan masalah serius, pasalnya hal ini dapat mengganggu konsentrasi belajarnya dan prestasi dikhawatirkan menurun, karena banyaknya pelajaran yang tidak di mengerti atau dipahami. Perlu tindakan khusus agar daya potensi anak dapat tumbuh berkembang secara optimal. Namun jika sebaliknya jika tidak segera di tanggapi maka semangat siswa tentu akan menurun dalam mengerjakan tugas. Begitu pula dengan kemampuan atau kreatifitas berfikir rendah, sehingga akan merasa sulit, atau reaksi daya tangkap semakin lambat. Jika tidur di kelas hanya sekali atau dua kali mungkin bisa di maklumi akan tetapi jika keseringan bahkan setiap hari tentu tidaklah wajar akan tetapi berbahaya demi masa depan. Banyak berkaca pada orang-orang sukses dan besar, karena porsi tidur mereka cenderung sedikit, lebih banyak bekerja, belajar, dan mencoba.

Efek samping dari obat juga  dapat menyebabkan kantuk , karena obat mengandung antihistamin. Bagi orang yang sakit tentu waktu meminum obat selam 3x sehari dan jelas pada pagi hari harus minum obat. Dan pada saat itu tentu rasa kantuk akan menyerang, karena kandungan antihistamin menimbulkan efek rasa kantuk sehingga bagi sang penderita  mampu beristirahat dengan cukup, untuk proses penyembuhan. Akan tetapi apabila rasa kantuk sudah menyerang maka bersegeralah mencegahnya. Kiat-kiat pencegahan kantuk harus di laksanakan karena mengantuk bukan pada waktunya, apalagi jika terjadi saat proses belajar mengajar.

Guru  tentu sangat penting dalam menunjang ke suksesan siswa, namun jika seorang guru yang pasif tentu siswa akan bosan dan jenuh dalam mengikuti pelajaran yang di ajarkannya,apa lagi jika seorang guru yang cuek dan tidak perhatian terhadap siswanya, tidak mengetahui gerak-gerik aktifitas para siswa, namun sebaliknya guru harus lebih semangat, aktif dan creative di kelas mencairkan suasana kelas adalah bentuk guru yang inovativ. Siswa tertidur dikelas bukti bahwa ketidak aktifnya fikiran, otak ngeblank dan mudah menyerah. Perlu kiat-kiat tertentu untuk hal ini, untuk membangun suasana kelas yang hidup dan penuh semangat dalam proses pembelajaran. Misalnya dengan pemanasan sebelum jam pelajaran dimulai, contohnya dengan senam otak, saling pijat memijat sesama teman, bermain game, yang tentunya dengan waktu yang singkat, tapi menyenangkan.

Mengantuk pada siang hari itu wajar, karena Rosulullahpun menganjurkan umatnya untuk qolilullah, atau istirahat tidur siang. Namun jika disalah gunakan qolilullah yang di laksanakan pada pagi hari apalagi saat belajar tentu tidak adil dengan waktu. Qolilullah sendiri baik di laksanakan setelah melakukan aktifitas yang tentunya melelahkan, dan porsi qolilullah sendiri menurut penelitian Dr. Jeffrey midgow bahwa tubuh manusia hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit, untuk mengistirahatkan diri karena tubuh manusia adalah system yang sangat lentur yang tidak membutuhkan lebih dari itu untuk segar kembali, dan memberikan waktu secukupnya untuk mengistirahatkan system syaraf keseluruhan. System akan membaik, begitu pula dengan semangat bekerja, beribadah, dan belajar. Qolilullah telah di peraktekan di Negara cina dan Taiwan, yaitu siswa tidur di kelas pada jam istirahat di siang hari setelah itu di lanjutkan kembali proses belajar mengajarnya. Dan yang menjadi PR untuk kita semua bagai mana cara menanggulangi TUMOR (tukang molor) menjadi siswa yang insomnia di kelas.

Tinggalkan Komentar