empat golongan yang dirindukan surga

0
332

Rasulullah SAW bersabda”surga itu merindukan empat golonganmanusia, yaitu 1.mereka yang membaca Al-Quran, 2.yang menjaga lisannya, 3.yang member makan orang yang lapar, 4.dan mereka yang berpuasa di bulan ramadhan”

                1.membaca Al-Quran

Allah SWT berfirman ”dan apabila di bacakan Al-Quran, maka dengar kanlah(baik-baik) dan perhatikanlah dengan tenang agar kamu mendapatkan rahma”t.(Q.S.Al-A’raf 204). Kitab suci Al-Quran merupakan firman Allah SWT yang di turunkan Allah melalui malaikat jibril kepada nabi Muhammad SAW, dengan demikian membaca Al-Quran dan menelaahnya, berarti mempelajari firman Allah yang memiliki kebenaran sejati dan merupakan petunjuk bagi orang-orang yang beriman. Membaca Al-Quran adalah pembuka pintu surge “Al-Quran merupakan nasihat, pencegah dan penghalang paling besar serta kuat agar manusia tidak berbuat maksiat serta hal-hal yang diharamkannya. Rasulullah menjelaskan mengenai pentingnya Al-Quran hingga orang boleh iri kepadanya, yakni dengan sabdanya “ada dua golongan manusia yang sungguh-sungguh orang iri kepadanya yaitu orang yang di beri oleh Allah kitab suci Al-Quran ini, di bacanya siang dan malam di gunakan untuk segala sesuatu yang diridhoi oleh Allah” (HR,bukhari dan Muslim).

                2. orang-orang yang menjaga lisan

Allah menganugrahi lidah yang fungsinya untuk brbicara dan ini juga termasuk panca indera, betapa besarnya nikmat Allah yang di berikan kepada manusia atau makhluknya yang lain. Dalam surat Al-Mu’minun ayat 3 di sebutkan salah satu persyaratan masuk surge firdaus yaitu orang-orang yang menjauhkan diri dari (perbuatan dan perkataan) yang tidak berguna, dan sama seperti pepatah”diam itu seperti emas dan bicara itu bagaikan perak”. Jika orang tidak mampu mengendalikan lidahnya, maka ada kecenderungan mereka akan tergelincir pada sifat-sifat buruk seperti dusta, ghibah, namimah (mengadu domba), hasud, sumpah palsu, fitnah dan sebagainya.

                3.memberikan makan kepada orang yang lapar

Amal ibadah ini jika dilakukan dengn ikhlas semata-mata kerena allah SWT, niscaya Allah akan membalasnya diakhiraat kelak misalnya member makan kepada orang yang berpuasa maka akan diganjar pahalanya seperti orang yang berpuasa tersebut. Islam juga sangat menganjurkan untuk memperhatikan kepada orang-orang miskin yang kelaparan di akhirat kelak mereka mendapat pahala yang sangat besar di sisinya yakni di surga.

                4.mengerjakan puasa di bulan Rahmadhan

Kerinduan surge kepada golongan ke empat sangat tepat. Lantaran bulan puasa merupakan bulan yang sangat mulia dan nabi Muhammad bersabda “kalau sekiranya umatku mengetahui apa-apa (kebaikan) di dalam bulan puasa niscaya mereka menginginkan agar sepanjang tahun berpuasa, karena semua kebaikan berkumpul di bulan rahmadhan dimana ketaatan bisa diterima, semua doa dikabulkan,semua dosa diampuni, dan surge rindu kepada mereka.

                Allah berfirman kepada nabi musa as “sesungguhnya, aku telah memberikan kepada umat Muhammad dua cahaya agar mereka tidak ditimpa oleh dua cahaya kegelapan”, nabi Musa bertanya , “apakah dua cahaya itu ya tuhanku?” Allah menjawab, “cahaya bulan rahmadahn dan cahaya Al-Quran”. Nabi musa bertanya lagi “apakah dua kegelapan itu ya Tuhanku?” Allah menjawab”yaitu legelapan kubur, dan kegelapan hari kiamat”

Setelah kita mengetahuinya, semoga kita bisa menjalankannya, dan menjadi bagian yang di rindukan surge yang berkumpul bersama nabi Muhammad Saw.

huAllahua’lambishawab.

Tinggalkan Komentar