Cinta itu Duka (bag 29)

0
25

Surya tersenyum geli. Bukan karena apa yang dikatakan kakeknya lucu, tapi bagian dalam gusinya terlihat merah ditinggal gigi yang lama pergi. Mirip gusi surya yang beberapa ditinggal gigi. Tapi punya kakek lebih parah. Hampir semuanya pergi. Tinggal dua buah gigi di bagian bawah kiri dan satu gigi di bagian atas kanan.

Kakek meneruskan cerita.

Belanda datang lagi ke Indonesia. Kali ini tidak sendiri. Belanda ikut tentara sekutu yang berhasil meraih kemenangan di perang pasific. Kekalahan Jepang diartikan sebagai pemutaran ulang waktu. Sebelum Jepang datang, Belanda berkuasa atas tanah Indonesia. Setelah Jepang pulang, Belanda kembali berkuasa. Pemahaman yang dipaksakan oleh Belanda ditolak mentah-mentah rakyat Indonesia. Kemerdekaan yang sudah dinyatakan harus dipertahankan. Maka terjadilan pergesekan di mana-mana.

Di Bandung tentara sekutu yang dipimpin Brigadir MacDonald asal Inggris mendarat tanggal 12 Oktober 1945. Sekutu yang baru menang perang bertindak semena-mena. Tahanan Belanda yang berada dibawah kendali tentara keamanan rakyat diminta dibebaskan. Semua senjata TKR hasil dari merampas tentara jepang harus diserahkan kepada pihak sekutu. Dua permintaan yang tidak diterima TKR. Karena itu akal licik sekutu untuk memperkuat diri sekaligus melemahkan pihak Indonesia. Pertempuran pun terjadi.

Dua hotel di Bandung Utara yang menjadi markas sekutu diserbu pejuang. MacDonald marah besar. Tiga hari kemudian dia bikin ultimatum. Bandung Utara harus dikosongkan. Semua warga Indonesia harus minggat. Termasuk tentara keamanan rakyat. Tanggal akhir pengosongan sudah ditentukan, 29 November 1945. Pejuang dan rakyat sepakat menolak ultimatum. Bersama kami berjuang mempertahankan tanah kelahiran. Tidak sudi melepas pusaka warisan leluhur kepada bangsa asing.

Nasib baik belum sempat mendekat, cobaan lain sudah datang menghadang. Bendungan Cikapundung jebol. Malam tanggal 25 November 1945 banjir besar melahap semua rumah warga. Ratusan orang menjadi korban terbawa hanyut. Ribuan penduduk kehilangan tempat tinggal. Bandung dilanda duka. Sekutu mengambil kesempatan dalam kesempitan. Tentara Inggris dan Belanda menyerang ke kantong-kantong perjuangan. Bagai ayam kena hujan, pejuang dan rakyat tidak mampu melawan. Bandung Utara dikuasai penjajah. Pribumi mengungsi ke daerah selatan.

Tinggalkan Komentar